Selasa, 28 April 2020

Melengkapi Paragraf dengan Kata dan Kalimat

Paragraf merupakan bagian karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan secara utuh dan padu serta membentuk satu kesatuan pikiran. Terhadap tiga persyaratan agar paragraf menjadi padu, yakni kepaduan, kesatuan, dan kelengkapan.
 Paragraf merupakan bagian karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan seca Melengkapi Paragraf dengan Kata dan Kalimat
Paragraf yang baik, biasanya terdiri dari satu gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas. Melengkapi paragraf merupakan salah satu teknik untuk memahami sebuah teks. Melengkapi paragaf rumpang bertujuan untuk memperluas pengetahuan tentang kosakata dan peristilahan dari pokok permasalahan yang ditulis.

Melengkapi paragraf harus memperhatikan gagasan utama paragraf itu sehingga kalimat-kalimat itu berkaitan dan mendukung gagasan utama. Paragraf dikatakan padu jika terdapat keterkaitan antarkalimat-kalimat yang membentuknya. Melengkapi kalimat dalam sebuah teks harus memerhatikan kalimat sebelum atau sesudah bagian yang dirumpangkan agar paragraf itu padu. Kalimat tidak padu juga sering disebut kalimat yang tidak logis.